Cara Membuat Puisi Yang Baik Agar Puisi Yang Di Hasilkan Indah

Cara Membuat Puisi | Pada dasarnya puisi itu adalah sebuah karya tulis yang hadir hati dan kemudian di tuangkan kedalam pikiran yang hingga akhirnya outpunya menjadi sebuah karya tulis yang mana karya tulis itu berbentuk kata-kata yang indah. dengan kata lain bahwa puisi itu sebenarnya sebuah curahatanisi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya. Meski itu adalah sebuah curahan hati tapi tidak bisa di pungkiri bahwa puisi juga merupakan salah satu dari kreativitas individual dari seseorang. karena ia mampu menciptakan sesuatu yang itu berawal dari isi hati.

Dalam membuat puisi itu sebenarnya punya banyak dan berbagai macam cara, tpi bagaimana supaya puisi itu terlihat menarik itu yang sedikit susah. kenapa sedikit susah karena memang dalam membuat puisi itu jika di bilang gampang tapi sebenarnya susah karena puisi sebenarnya gampang-gampang susah. tapi bagi yang sudah mahir membuat puisi itu akan sangat gampang karena semua itu mengalir begitu saja. yang penting ada sumber inspirasi yang ia dapatakan. berkaitan dengan trik yang akan saya bagikan kali ini maka saya akan mengajak sobat untuk melihat beberapa jenis puisi dahulu.

Cara Membuat Puisi


Jenis-Jenis Puisi

Puisi itu memiliki banyak macam jenis berikut adalah macam-macam jenis puisi :

1. Puisi Lama
Puisi Lama adalah puisi yang punya ciri-ciri sebagai berikut :

  • Merupakan puisi rakyat yang tak dikenal nama pengarangnya.
  • Disampaikan lewat mulut ke mulut, jadi merupakan sastra lisan.
  • Sangat terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata maupun rima

2. Puisi Baru
Puisi Baru adalah puisi yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuknya rapi, simetris;
  • Mempunyai persajakan akhir (yang teratur);
  • Banyak mempergunakan pola sajak pantun dan syair meskipun ada pola yang lain;
  • Sebagian besar puisi empat seuntai;
  • Tiap-tiap barisnya atas sebuah gatra (kesatuan sintaksis)
  • Tiap gatranya terdiri atas dua kata (sebagian besar) : 4-5 suku kata.


3. Puisi Kontemporer
Puisi yang selanjutnya adalah puisi kontemporer, seperti apa sih puisi kontemporer itu Puisi Kontemporer dapat diartikan sebagai puisi yang lahir dalam kurun waktu terakhir.

Kemudian kita masuk kedalam tips dan trik membuat puisi yang baik dan agar menghasilkan puisi yang indah. mari kita simak yang selanjutnya mengenai :

Cara Membuat Puisi

1. Karena puisi itu dibuat berdasarkan hati maka yang pertama harus anda lakukan adalah bagaimana caranya anda membuat hati anda dan pikiran setenang mungkin dan bagamana caranya keduanya itu seperti bisa bersatu.

2. Jika sudah seperti itu yang kedua tuangkanlah apa yang apa di pikiran anda kedalam sebuah tulisan.

3. Dalam menulis pilihlah kata-kata kiasan yang sesuai jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata kiasan agar puisi anda mudah di mengerti oleh banyak orang,

4. Tulislah puisi dengan bait bait yang tepat supaya puisi lebih terkesan rapi dan elok di pandang mata.

5. kemudian satukan dengan keadaan yang saat itu sedang menyelimuti kita, entah itu siang, malam, pagi, rembulan, fajar dll.

6. Lakukan semua itu dengan seksama agar bisa mencapai hasil yang maksimal.

Disini akan saya contohkan semisal saat ini adalah Malam hari maka puisi yang saya hasilkan adalah sebagai berikut.

Malam yang kian membencuh
Gelappun kian berjelaga
Kerlip gemintang tiada lagi terang
Begitupun dengan sang rembulan

KBBI

Membuncah = gelisah
Berjelaga = pekat

Nah bagi anda yang susah memilih kata-kata kiasan yang tepat maka anda semua bisa memnfaatkan KBBI. Yang saat ini sudah banyak terinstal di smartphone dan handphone anda masing-masing. jika tidak punya handphoen anda juga bisa beli kamus besar bahasa indonesia di toko buku terdekat.

Jika semua itu sudah terpenuhi maka saya yakin tidak sampai 2 bulan maka anda akan segera expert dalam membuat puisi. asalkan anda punya kemauan untuk terus belatih setiap hari.

Baik sahabat CTE sekian dulu dari saya semoga dari artikel ini bisa menambah wawasan anda mengenai puisi dan bisa meningkatkan kemampuan anda dalam berinovasi dalam sebuah karya. ingat bahwa semua itu tidak akan ada yang sulit jika anda mau melakukanya tanpa kenal yang namanya putus asa. salam dari saya di akhir cerita wassallam.

reff : http://www.cetmas.com/2015/09/cara-membuat-puisi-yang-baik-agar-puisi-yang-dihaisilkan-indah.html
Share this article :

Related Post



 

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Kumpulan Puisi, Sajak & Cerita - All Rights Reserved